Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Tangki Penampungan Air

Pengadaan tangki penampungan air memang direncanakan untuk digunakan hingga puluhan tahun ke depan. Untuk itu perlu pertimbangan matang untuk memilih mana tangki penampungan air yang tepat dari segi kualitas dan harga. Selain itu ada juga pertimbangan lain yang perlu diperhatikan sehingga Anda tidak menyesal di kemudian hari karena tangki penampungan air yang Anda pilih tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dari segi harga, pastinya saat ini Anda bisa dengan mudah melihat harga tangki penampungan air di pasaran. Semua tergantung merek, kualitas, dan juga tentunya kapasitas air yang bisa ditampung. Dengan demikian, harga bisa sangat transparan dilihat di situs online atau bahkan saat Anda datang langsung ke toko bangunan. Lalu apalagi yang perlu diperhatikan sebelum memilih tangki penampungan air yang tepat. Berikut ini 4 hal yang harus diperhatkan sebelum memilih tangki penampungan air untuk keperluan Anda.

 

Pertama perhatikan jenis tangki penampungan yang akan Anda beli. Saat ini ada beberapa jenis tangki penampungan di pasaran yang terbagi berdasarkan material utamanya. Ada tangki penampungan air berbahan stainless steel, fiber glass, dan juga plastik. Pastinya setiap jenis tangki penampungan ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Jika Anda memilih tangki penampungan air berbahan stainless steel, memang perawatannya cukup mudah dan tidak mudah kotor. Apalagi jika terjadi kebocoran maka tidak sulit untuk menambalknya. Materialnya pun anti pecah dan cenderung tahan terhadap sinar ultraviolet. Tapi Anda harus paham bahwa tangki penampungan air stainless steel ini bisa berkarat apalagi jika ditempatkan di daerah pantai. Sedangkan untuk tangki penampungan air berbahan plastik dan fiber glass biasanya masalah yang paling umum terjadi adalah jamur dan lumut yang lebih rentan. Apalagi jika terjadi kebocoran atau retak maka akan sulit untuk diperbaiki. Kabar baiknya bahwa beberapa produsen tangki penyimpanan air yang menggunakan plastik memiliki lapisan plascobrite atau sticker Biocote yang terbukti membunuh bakteri hingga 99 persen. Sehingga masalah jamur dan lumut ini bisa teratasi dengan fitur yang diberikan oleh produsen.

 

Beralih ke kapasitas daya tampung tangki penampungan air, setiap pengguna memiliki beberapa pertimbangan dalam menentukan ukuran tangki penampungan air. Jika digunakan dalam skala rumahan, biasanya hanya menggunakan 500-1000 liter ukuran tangki penampungan air. Hal ini juga berpengaruh pada biaya pengeluaran untuk membeli tangki. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dimensi tangki yang disesuaikan dengan luas area yang telah Anda siapkan. Jika Anda hanya memiliki area penempatan yang kecil, tentu tidak ideal jika memilih tangki yang berukuran besar. Rencanakan terlebih dahulu area yang akan dijadikan tempat tangki penampungan air. Jika tidak ada area di bagian atap rumah, maka perlu dibuat menara sebagai tempat tangki penampungan. Jika Anda memilih tangki penampungan air yang memiliki tangki, perhatikan juga cara memasangnya dan panggil ahli. Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah memilih merek tangki penampungan air yang sesuai dengan kebutuhan dan juga biaya Anda. Beberapa merek terkenal seperti Penguin, Maspion, Poly Tank, dan lainnya sudah memiliki respon positif di kalangan masyarakat sehingga Anda bisa mencari rekomendasi dari rekan-rekan Anda mana tangki penampungan air yang sesuai dengan biaya yang Anda siapkan dan kualitas terbaik. Namun merek terkenal yang telah teruji biasanya memiliki harga yang mahal dibandingkan dengan merek baru yang jauh lebih murah namun kualitasnya masih bisa diandalkan.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.