Pahami Penyebab-penyebab Dari Penyakit Kanker Serviks Dan Cara Pencegahannya

Image result for Pahami Penyebab-penyebab Dari Penyakit Kanker Serviks Dan Cara Pencegahannya

Sebagai kaum wanita, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis penyakit yang bernama kanker serviks. Ya, penyakit ini akan timbul ketika sel-sel pada bagian leher rahim dalam keadaan tidak normal. Sel-sel tersebut kemudian akan terus mengalami perkembangan yang sangat cepat, yang hasilnya akan menciptakan sebuah tonjolan berupa tumor pada bagian serviks. Seiring dengan berjalannya waktu, tumor tersebut semakin hari semakin ganas sehingga terjadilah sebuah penyakit yang disebut dengan nama kanker serviks. Menurut para medis, biasanya penyakit kanker serviks ini akan memunculkan beberapa gejala seperti berat badan yang menurun drastis, kehilangan nafsu makan, pendarahan yang tidak normal pada vagina, nyeri pada bagian bawah perut, nyeri saat melakukan hubungan seks, nyeri pada area punggung serta kaki, cairan vagina berbau menyengat, dan pembengkakkan pada bagian kaki. Untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung ke pembahasan intinya mengenai penyebab kanker serviks. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

Penyebab Kanker Serviks

  1. Konsumsi Pil KB Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Faktor pertama yang harus kalian ketahui dari penyebab penyakit kanker serviks, yakni dikarenakan konsumsi kontrasepsi oral alias pil KB dalam jangka waktu yang lama. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, konsumsi pil KB dengan jangka waktu yang lama ini dapat meningkatkan resiko kanker serviks. Jangka waktu panjang dalam konsumsi obat pil KB yang tidak dianjurkan itu, yakni yang lebih dari 5 tahun keatas. Maka dari itu, kalian harus mempertimbangkan lagi penggunaan pil KB dengan jangka waktu yang panjang tersebut.

  1. Sistem Kekebalan Tubuh Yang Lemah

Selain konsumsi pil KB jangka panjang, system kekebalan tubuh yang menurun juga merupakan salah satu faktor yang dapat memicu penyakit kanker serviks. Dan yang lebih gawatnya lagi, system kekebalan tubuh yang lemah ini sangat rentan terhadap serangan penyakit HIV / AIDS lho!

  1. Infeksi Klamidia

Mungkin sebagian besar masyarakat kita belum terlalu familiar dengan isitilah klamidia. Ya, klamidia ini merupakan sejenis penyakit seks menular, yang diakibatkan karena sering berhubungan intim dengan banyak pasangan. Nah, wanita yang pernah atau yang mengidap penyakit klamidia ini, maka bisa dipastikan bahwa ia akan terserang penyakit kanker serviks.

  1. Aktifitas Seksual Yang Terlalu Dini

Berdasarkan dari hasil survey yang dilakukan pada tahun lalu, 4 dari 10 wanita remaja di Indonesia ini mengidap penyakit kanker serviks. Ya, tentu saja hal itu juga tidak terlepas dari dampak pergaulan  masa kini, yang mengarah ke free sex alias sex bebas. Dengan demikian, maka tak heran jika mereka sangat rentan terhadap serangan penyakit yang satu ini.

Cara Pencegahan Kanker Serviks

  1. Cara pertama yang cukup ampuh dalam mencegah penyakit kanker serviks, yakni dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Adapun mengenai berbagai jenis olahraga yang dapat anda pilih seperti jogging, jalan santai, senam, berenang, dan jenis olahraga ringan lainnya.
  2. Sudah saatnya bagi anda untuk mulai menerapkan pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin E, serat, folat, flavonoid, dan karotenoid.
  3. Selain harus menerapkan pola makan yang sehat, tentunya anda juga wajib menerapkan pola hidup yang sehat.

Itulah beberapa faktor yang bisa memicu penyakit kanker serviks, beserta cara pencegahannya yang harus kalian ketahui.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.