Inilah Asupan Nutrisi Yang Wajib Dipenuhi Oleh Ibu Hamil

5 Makanan Terbaik yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Calon ibu mana sih yang tidak ingin hamil dan melahirkan seorang anak? Tentu saja hal tersebut merupakan dambaan bagi setiap ibu. Ya, hal itu memang benar adanya, dimana kebahagiaan pasangan suami istri itu baru bisa dikatakan sempurna setelah dikaruniai seorang bayi. Menurut informasi yang didapat, ada beberapa asupan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil muda lho. Nutrisi seperti apa sajakah itu? Nah, biar bunda gak penasaran, mari kita simak saja langsung paparan di bawah ini.

* Kalsium

Asupan nutrisi pertama yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil, yakni berupa kalsium. Mengapa harus kalsium? Pasalnya, kalsium ini merupakan salah satu zat yang dapat menciptakan tulang kuat, serta dapat membantu dalam pembentukan sel-sel organ tubuh pada janin selama kehamilan. Tak hanya untuk janin dalam perut, kandungan kalsium ini juga tentunya dapat memperkuat tulang untuk ibu hamil. Pada intinya, kandungan kalsium sangat bagus untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Menurut para ahli gizi, ibu hamil diharuskan untuk mendapatkan asupan kalsium sebanyak 1000 mg per harinya. Kandungan kalsium ini bisa bunda dapatkan pada beberapa jenis makanan seperti yogurt, susu, kentang, dan kacang-kacangan.

* Karbohidrat & Serat

Selain kalsium, karbohidrat dan serat juga merupakan daftar asupan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil lho. Ya, terang saja demikian, sebab kedua kandungan nutrisi tersebut dapat mendukung perkembangan janin selama kehamilan. Bukan hanya itu saja, kandungan serat ini pun dapat mengatasi masalah pencernaan pada ibu hamil seperti wasir maupun susah buang air besar. Sedangkan kandungan karbohidratnya berfungsi sebagai penyuplai energy tambahan, sehingga tubuh ibu hamil tidak akan mudah kelelahan. 

* Folic Acid (Asam Folat)

Folic acid atau yang biasa disebut dengan nama asam folat, merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi untuk membentuk dengan baik struktur syaraf pada janin dan tubuh bayi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kandungan asam folat ini mampu menyeimbangkan sel darah putih dan darah merah pada tubuh janin maupun bayi. Menurut anjuran dokter kandungan, ibu hamil diharuskan untuk mencukupi asupan asam folat sebanyak 0,4 mg per harinya. Nutrisi asam folat tersebut bisa bunda temui pada beberapa jenis makanan seperti kentang, kacang-kacangan, buah-buahan, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya. 

* Lemak Sehat

Lemak sehat ini merupakan jenis lemak tak jenuh, yang sangat bagus untuk ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Ia berfungsi sebagai cadangan energy, yang dapat mendukung pertumbuhan janin selama kehamilan. Tak hanya sebagai cadangan energy saja, lemak sehat tersebut juga dapat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan otak dan system syaraf pada janin lho. Akan tetapi, mengonsumsi lemak sehat ini tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan obesitas pada ibu hamil dan bayi!

* Zat Besi

Asupan nutrisi berikutnya yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil, yakni berupa zat besi. Ya, zat besi ini berfungsi untuk mencegah anemia pada janin, bayi, maupun ibu hamil. Bukan hanya itu saja, zat besi juga diyakini mampu menstimulasi produksi ASI yang lebih maksimal. Zat besi ini bisa bunda dapatkan pada jenis makanan seperti bayam, brokoli, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau. 

Itulah beberapa asupan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil. Selain harus memenuhi asupan nutrisi, ibu hamil juga disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan secara intensif. 

 

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.