Cara Mengatur Keuanganmu di Tahun 2020

Langkah Resolusi Keuangan yang Harus Kamu Terapkan di Tahun Depan

Tahun baru sudah tiba, dan bulan di akhir tahun ini sudah hampir habis. Apakah kamu sudah membuat resolusi di tahun ini? dengan adanya resolusi di tahunn baru kita akan berusaha dan berjanji pad adiri sendiri untuk memperbaiki segalanya di tahun ini, segala sesuatu harus lebih baik dari tahun lalu. Mungkin beberapa dari kalian ada yang memiliki resolusi untuk hidup sehat, diet, berhenti merokok dan resolusi lainnya. resolusi di tahun baru ini memang bertujuan untuk menghilangkan beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan di tahun-tahun  sebelumnya dan kita harus memperbaikinya di tahun ini untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Salah satu resolusi yang sangat penting dilakukan oleh setiap orang adalah resolusi keuangan tahun baru, dengan resolusi keuangan ini kalian bisa membuat beberapa target yang ingin kalian capai di tahun ini, kalian bisa memulai dengan menabung atau untuk kalian yang sudah menabung alian bis ameningkatkannya lagi, membayar hutang-hutang dan yang lainnnya. Disini kami akan membahas beberapa resolusi keuangan yang mungkin bis amenjadi inspirasi kalian!

  1. Mencatat setiap anggaran

Disini kalian harus benar-benar menghitung setiap pemasukan kalian dan juga pengeluaran. Dan pastikan pengeluaran kalian harus disesuaikan dengan pemasukan kalian. jangan sampai jumlah pemasukan lebih sedikit dari jumlah pengeluaran. Kalian juga harus melakukan beberapa rancangan pengeluaran kalian. buatlah buku khusus untuk dijadikan sebagai buku agenda anggaran. Buku ini juga dapat memperlihatkan kalian apakah pengeluaran pada setiap bulannya sesuai dengan rencana kalian atau tidak. Anggaran yang harus ditulis bukan hanya pemasukan dan pengeluaran saja, tetapi kalian juga harus menuliskan pembayaran tagihan, pelunasan hutang dan juga tabungan.

  1. Menghemat dan menabung

Jika kalian menginginkan sesuatu pastikan kalian untuk menghemat dan juga menabung. Menghemat disini bukan berarti kalian harus pelit. Misalnya kalianmemiliki sejumlah gaji, kalian bisa menyisihkan beberapa uang untuk di belikan peralatan yang kalian butuhkan dan inginkan tetapi kalian juga harus sadar bahwa barang-barang tersebut adalah barang-barang yang bermanfaat dan kurangi berbelanja barang-barang yang kurang penting dna tidak terlalu dibutuhkan. Dan kalian juga harus menyisihkan sejumlah pemasukan kalian untuk di tabungkan, uang tabungan ini bisa kalian gunakan sebagai uang cadangan ataupun uang yang nantinya digunakan untuk memenuhu tujuan kalian.

  1. Gandakan sumber pemasukan

Maksud dari menggandakan sumber pemasukan yaitu jika kalian merupakan pekerja kantoran, dan kalian mendapatkan gaji pokok. Kalian haru smemutar uang tersebut dengan cara kalian bisa mencari pekerjaan sampingan atau freelance, misalnya kalian bisa berjualan secara online. dengan melakukan pemasukan ganda ini penghasilan kalian akan menjadi lebih besar, dan membuat kalian tidak bergantung pada pemasukan utama saja.

  1. Investasi

Selai menabung dan menggandakan penghasilan, kalian juga harus memulai belajar investasi. Kalian bisa kmelakukan investasi reksa atau investasi emas. Bukan hanya investasi pada produk kalian juga bisa melakukan investasi pada diri sendiri seperti mengikuti kursus ataupun seminar, yang akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kamu yang nantinya bisa digunakan. Semakin besar dan banyak potensi yang kalian miliki maka semakin besar juga peningkatan pendapatan kalian.

  1. Bayar hutang dan cicilan

Hutang dan cicilan memang sering menjadi beban saat kita ingin memiliki resolusi keuangan. Tetapi ini tetap harus dilakukan untuk memperingan beban kalian di masa mendatag. Mulailah membayar hutang yang memiliki bunga yang besar. dan pastikan kalian untuk membayar tagihan secara tepat waktu agar kalian tidak memiliki bayaran tambahan karena pinalti telat membayar

.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.