Beberapa Fakta Menarik Tentang Cihideung Sebagai Penghasil Kembang Hias Dan Bibit Buah Potensial

Sentra Bunga Hias Cihideung merupakan salah satu kawasan penghasil bunga hias di wilayah Kabupaten Bandung Barat yang memang cukup besar. Di kawasan ini ada berbagai macam jenis Bunga dan beraneka tanaman buah yang dibudidayakan lalu dijual. Dimana sebagian besar tanaman ini akan ditemukan di sepanjang jalan Terusan Sersan Badjuri, Desa Cihideung, Kecamatan Parompong. Dan hingga saat ini Cihideung masih dikenal sebagai grosir bibit kembang hias dan bibit buah yang sangat potensial.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Cihideung sebagai penghasil kembang hias dan bibit buah potensial diantaranya yaitu :

  • Cihideung merupakan salah satu daerah yang masih asri terlebih lagi dengan banyak ditemukannya penjual bunga hias dan bibit tanaman buah yang memang dijual berjejer disepanjang jalan Terusan Sersan Badjuri. Di sepanjang jalan yang menghubungkan antara Terminal Ledeng dan kawasan Parompong hingga Cisarua akan banyak ditemukannya penjual bunga hias yang memang menjual berbagai macam bunga hias dan juga bibit bunga.
  • Di daerah yang masih terasa sejuk udaranya dan terkesan asri ini, kamu akan dengan mudahnya menemukan aneka buah hias dari yang asli atau lokal dan bahkan ada yang berasal dari mancanegara. Selain itu juga akan ditemukannya banyak penjual bibit tanaman buah seperti mangga, jeruk, klengkeng, anggur, pepaya, dan juga berbagai macam jenis buah yang lainnya.
  • Cihideung ini sendiri merupakan sentra penjualan bunga hias yang memang sudah cukup terkenal di Bandung Barat. Dan bahkan sebelum adanya tren “kembali ke alam”  membuat masyarakat sadar akan pentingnya penghijauan termasuk didalamnya menanam dan merawat bunga hias semakin meluas saja. Di kawasan ini sudah banyaknya para penjual bunga hias yang telah menggeluti usahanya sejak tahun 1980 an.
  • Menurut seorang penjual di kawasan tersebut mengatakan jika bunga hias bukan hanya sekedar tren sesaat saja tetapi bagi beberapa orang memang sudah menjadi kebutuhan. Oleh karena itu sudah banyaknya orang yang mengenal daerah Cihideung sejak dulu. Pejual tersebut menambahkan jika bunga yang dijualnya merupakan hasil budidaya orang lain yang merupakan petani dikawasan tersebut. Menurutnya juga banyaknya petani di wilayah pedalaman Cihideung yang membudidayakan kembang hias dan bibit tanaman buah. Dirinya hanya menjual saja, dimana Bunga Bunga yang dijualnya itu hasil budidaya tetangga dan warga sekitar di kebunnya masing masing.
  • Pada saat akhir pekan yaitu sabtu dan minggu akan meningkatnya penjualan. Terlebih diakhir pekan tersebut akan banyaknya warga luar kota yang singgah ke kios kios yang ada di Cihideung.
  • Selain itu pusat bunga hias Cihideung sendiri sangat mudah untuk dijangkau baik dari kawasan kota Bandung ataupun dari daerah Lembang dan sekitarnya. Jarak antara lokasi penjualan bunga hias baik secara grosir bibit ataupun eceran tersebut sangatlah berdekatan dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan melalui Jalan Dr Setiabudi.
  • Jika kamu pergi dari arah kota Bandung maka bisa langsung belok kiri pada saat sudah sampai di terminal Ledeng. Sedangkan jika kamu berangkat dari arah Lembang maka kamu juga harus mengarah ke Ledeng lalu putar balik di sekitar UPI lalu di Jalan Terusan Sersan Badjuri belok kiri.

Pada saat kamu berkunjung ke kota Bandung atau kawasan Lembang, maka sudah seharusnya kamu mengunjungi kawasan bunga hias yang ada di Cihideung.

 

Sumber : Popmama.com

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.