Alergi Pada Bayi, Jenis dan Pengobatannya

Atresia Bilier: Penyakit Langka Bayi Serius, Penyebab dan Solusinya

Dilansir dari berita hari ini, banyak sosok ibu yang merasa gelisah jika melihat bayi mengalami gejala alergi. Hal ini merupakan salah satu hal yang sering terjadi pada anak-anak bayi usia baru lahir hingga mencapai umur 2 tahun. Pastinya kondisi alergi pada bayi ini bisa membuat bayi merasa kurang nyaman dan kemudian akhirnya rewel dan sering menangis seharian. Oleh sebab itu, ada baiknya mengetahui jenis dan bagaimana pengobatan yang sesuai untuk menghindari hal tersebut. Untuk lebih lengkapnya simak informasi yang ada di bawah ini.

Jenis Alergi Pada Bayi

Ada beberapa jenis alergi pada bayi yang sering terjadi. Namun biasanya yang paling umum dialami yaitu jenis alergi seperti berikut ini.

  • Alergi Makanan

Sering kali banyak anak bayi yang mudah alergi terhadap jenis makanan tertentu. Terutama yang tinggi protein seperti ayam atau  makanan laut. Karena itu sangat penting memilih konsumsi makanan yang paling tepat untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas supaya tidak mudah mengalami alergi.

  • Alergi Udara

Kemungkinan bayi alergi terhadap udara dingin maupun panas adalah hal yang cukup sering terjadi. Oleh sebab itu sebaiknya atur suhu ruangan sebaik mungkin untuk menghindari kondisi tersebut.

  • Alergi Debu

Alergi pada debu juga merupakan salah satu jenis alergi yang banyak dialami oleh bayi. Untuk itu sebaiknya pastikan supaya kondisi di sekeliling bayi selalu higienis dan bersih. Sehingga bayi tidak mengalami reaksi berupa gejala alergi dan mengakibatkan bayi tidak tenang atau selalu rewel. Dengan menjaga kebersihan secara maksimal, maka bayi bisa bebas terhindar dari resiko alergi.

Pengobatan Alergi Pada Bayi

Untuk membantu supaya bayi tidak mudah mengalami gejala alergi, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu pengobatan alergi tersebut. Tentunya pendekatan pengobatan ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara yang alami maupun melalui pengobatan medis. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara pengobatan alergi pada bayi yang bisa membantu kesembuhan secara maksimal.

  • Pengobatan Herbal

Biasanya jika bayi masih berusia sangat dini atau katakana saja baru lahir dan belum berusia satu tahun, maka umumnya ibu akan lebih memilih pengobatan herbal. Hal ini karena menggunakan pengobatan herbal jauh lebih alami dan minim efek samping yang bisa terjadi pada bayi. Oleh sebab itu ada baiknya mencoba pengobatan herbal ini baik berupa sari buah tertentu atau pengobatan alami tertentu yang bisa membantu mengobati timbulnya alergi atau gatal yang terjadi. Sehingga bayi tidak rewel dan merasa nyaman setelahnya.

  • Pengobatan Medis

Selain pengobatan herbal tentunya banyak juga yang memilih untuk melakukan konsultasi ke dokter dan melakukan pengobatan medis. Umumnya dokter akan memberikan resep berupa obat untuk diminum secara rutin atau salep untuk kulit bayi tertentu yang bisa membantu meredakan gejalanya. Perlu diperhatikan jika memakai pengobatan medis pastikan untuk memenuhi ketentuan pakai yang diinformasikan. Karena jika tidak dapat berpotensi menimbulkan efek samping pada bayi yang tidak dikehendaki.

Itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan jenis alergi pada bayi termasuk bagaimana cara pengobatannya yang paling tepat. Supaya dapat membantu supaya kondisi ini dapat dihindari hingga kondisi tubuh bayi membaik dengan sendirinya. Karena pada dasarnya bayi akan memperkuat imunitasnya dan dapat berangsur-angsur tahan terhadap berbagai jenis lingkungan dan makanan seiring dengan perkembangan tubuh serta daya imunitasnya yang membaik. Sehingga tidak perlu ragu jika ingin memberikan makanan tertentu serta mengajak bayi melakukan aktivitas di mana saja.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.